Tentang Kami

Profile Lembaga

ACEH OCEAN CORAL

Aceh Ocean Coral adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berbasis di Banda Aceh yang berdiri sejak tahun 2000. AOC memiliki kegiatan dengan spesialisasi di bidang pendampingan masyarakat pesisir Barat Propinsi Aceh. Dalam melaksanakan misinya, AOC dibantu rekan-rekan sesama LSM dan organisasi lainnya dari Sumatera Utara dan Jakarta.

Di tahun-tahun awal berdiri, AOC banyak membantu kegiatan masyarakat yang berhubungan dengan penghijauan kembali wilayah pesisir pantai barat NAD, melalui penyediaan bibit dan penanaman pohon bakau (mangrove). Kini AOC berkembang menjadi sebuah LSM yang melakukan pendampingan bagi masyarakat nelayan agar mereka dapat mencapai kualitas hidup yang lebih baik dengan memanfaatkan potensi kelautan yang ada secara berkesinambungan. Salah satu kegiatan yang dilakukan AOC adalah membantu nelayan dalam proses pengadaan kapal berikut peralatan menangkap ikan.

Ketika terjadi bencana alam gempa bumi dan tsunami tahun 2004, AOC turut serta membantu menangani pengungsi dengan mendirikan Posko Jaya di daerah Lambaro, yang menampung banyak pengungsi dari Kabupaten Aceh Jaya di Banda Aceh. Selama fase tanggap darurat tersebut AOC juga bekerja sama dengan lembaga lain untuk membantu dalam dropping logistik dan menyediakan bantuan medis di Kabupaten Aceh Jaya.

Di fase rehabilitasi AOC berencana untuk kembali mendampingi masyarakat pesisir Barat Propinsi Aceh, terutama nelayan agar mereka dapat kembali melaut sesuai dengan pekerjaan gempa dan tsunami. Tahap awal yang dilakukan adalah membangun kembali fasilitas galangan kapal tradisional dengan harapan dapat membangun kembali armada perahu nelayan yang hancur akibat bencana. Dukungan lain yang diberikan adalah penyediaan perlengkapan perahu nelayan, seperti jaring dan mesin kapal. AOC juga membantu menyediakan perlengkapan hidup sehari-hari bagi para nelayan yang rumahnya telah hancur akibat gelombang tsunami.
-Pimpinan AOC
Visi

Pengelolaan pemanfaatan sumber daya pesisir dan lautan secara sustainable yang berbasis masyarakat untuk melestarikan ekosistem sumber daya alam yang hayati.

Misi

  • Memberdayakan peran serta masyarakat sekitar kawasan ekosistem pesisir dan laut, baik lembaga adat maupun lembaga nonprofit lain.
  • Mendukung kebijakan-kebijakan dan advokasi penegakan hukum dalam perencanaan pembangunan pesisir dan laut yang berbasis masyarakat.
  • Mendukung pengelolaan dan pemanfaatan ekosistem pesisir maupun kelautan untuk kepentingan penelitian pendidikan, ecotourism dan kegiatan yang menunjang budidaya.
  • Memberikan sosialisasi tentang pengamanan kawasan pesisir maupun lautan dalam bentuk mitigasii bencana.
  • Ikut serta dalam pemantauan dan evaluasi terhadap pengelolaan kawasan ekosistem pesisir dan lautan.
  • Mendukung terbentuknya amdal serta tata ruang wilayah pesisir dan lautan yang berwawasan lingkungan pengelolahan pemanfaat sumberdaya alam yang hayati berkelanjutan.

Lingkup Kerja

Fishery Dan Oceanography

Identifikasi jenis-jenis ikan karang dan monitoring terumbu karang, saat ini kami juga mengadakan pembuatan terumbu karang secara buatan (Tranplantasi) yang berfungsi untuk merehabilitasi terumbu karang yang rusak akibat racun sianida, bom ikan maupun kesalahan manusia (human error), Mengingat terumbu karang merupakan nutrisi bagi ikan. Penelitian mengenai pencemaran laut baik berasal buangan limbah industri maupun Kegiatan lain yang kami teliti adalah kedalaman laut, pasang surut, arus, sedimentasi, estuaria, gelombang laut dan jenis-jenis plankton laut.

Livelihood

Pemberdayaan masyarkat pesisir baik berupa bantuan pembuatan kapal nelayan, TPI, pembuatan pintu air untuk tambak, bantuan alat tangkap ikan dan udang, benih ikan dan udang, bagan apung dan lain lain. Semua program ini berfungsi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir agar mereka terlepas dari kemiskinan yang berkepanjangan.

Konservasi

Mangrove
Kerusakan hutan mangrove pasca tsunami sangat memprihatinkan dan lambatnya rehabilitasi hutan mangrove mengakibatkan abrasi pantai yang sangat jauh, pihak kami sudah melakukan di beberapa wilayah pantai pesisir barat, penghijaun yang kami lakukan sangat kecil pengaruhnya terhadap perubahan lahan yang rusak sangat luas. Sebelum tsunami juga sudah beberapa kali melakukan penanaman mangrove.

Penyu
Kehidupan penyu di Aceh saat ini sangat terancam dan mengalami kepunahan, Lembaga Aceh Ocean Coral (AOC) satu-satunya lembaga yang melakukan penangkaran penyu di wilayah pesisir pantai barat, dalam program ini kami juga mensosialisasi kepada masyarakat.

Lembaga Keuangan Desa

Untuk meningkatkan kapasitas kelompok usaha, kami membentuk suatu badan usaha tingkat desa khususnya desa didaerah pesisir, agar masyarakat mempunyai sebuah Lembaga Simpan Pinjam. Lembaga tersebut juga dikelola oleh masyarakat, keuntungannya juga akan digunakan oleh masyarakat itu sendiri. Hal ini merupakan aset desa yang harus dikembangkan.

Pendidikan dan Pelatihan

Dalam mempersiapkan masyarakat yang handal, perlu di berikan kapasitas building antara lain berupa pelatihan mitigasi bencana, teknik-teknik penangkapan ikan, pelatihan budidaya laut dan payau dan advokasi hukum bagi masyarakat pesisir. Semua pelatihan ini dilakukan untuk menujang ke arifan lokal.

Alamat

Jl. Geuce Menara VIII, Lr. Cempaka, No. 2. Banda Aceh, Indonesia
Kode Pos 23237

Kontak

  • Phone: (0651)40518
  • Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Support Kami

Kirimkan bantuan anda untuk melindungi daerah pesisir Aceh Melalui Bank BNI No. Rek: 0102415783 a.n: Aceh Ocean Coral (AOC)
© 2019 acehoceancoral.org All Rights Reserved