Pelatihan Pengolahan Makanan dari Bahan Baku Ikan Serta Pengemasannya

Program Sustainable Sea Fisheries for Simeulue and Singkil telah melaksanakan Pelatihan Pengolahan Makanan dari Bahan Baku Ikan Beserta Pengemasannya akhir Maret 2011 di gedung SMK 1 Simeulue dan awal April di gedung Lae Kombi Pulau Balai. Pelatihan ini diikuti oleh 63 peserta, 30 peserta di Pulau Banyak Singkil dan 33 peserta di Simeulue yang sebelumnya telah diseleksi sesuai dengan kriteria yang disyaratkan.

Peran perempuan tidak terlepas dari pengembangan perekonomian terutama untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari hari. Bagaimanapun, banyak kendala bagi perempuan dalam menjalankan kegiatan perekonomian. Terbatasnya kemampuan dan tatanan sosial serta tugas-tugas utama rumah tangga menjadi faktor utamanya. Simeulue dan Singkil merupakan daerah pesisir dimana para perempuan terlibat langsung dalam kegiatan perikanan. Mereka mengumpul kerang, mengolah ikan dan berdagang ikan. Pemberdayaan perempuan Simeulue dan Singkil ini dilakukan untuk mendukung hak-hak perempuan dan mendorong mereka untuk berkontribusi pada perekonomian pesisir. Diharapkan dalam kegiatan ini dapat meningkatkan peran perempuan dalam mengolah tangkapan ikan dan dapat menciptakan organisasi-organisasi perempuan yang kuat di tingkat desa.

Pelatihan ini bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh yang menyediakan pemateri dan modul sesuai dengan standar. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah berupa:

  1. Pengenalan sanitasi dan hygiene usaha pengolahan ikan;
  2. Pembuatan surimi sebagai bahan baku jelly ikan;
  3. Pengolahan dendeng ikan ikan kayu chip dan abon ikan;
  4. Pengolahan teri crispy, ikan pari kipas dan pilus rumput laut;
  5. Fungsi PIRT dan pelabelan makanan;
  6. Keamanan pangan dan bahan tambahan produk perikanan;
  7. Pengenalan dasar penanganan ikan serta pengemasan dan pelabelan produk perikanan.

Setelah memberikan materi, kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung apa yang telah dipelajari dalam materi. Berdasarkan pengamatan dan hasil praktek, peserta mampu menerapkan ilmu yang diberikan secara optimal, sehingga diharapkan kegiatan ilmu yang telah diberikan dapat dipraktekan di rumah atau unit usaha untuk mengembangkan usaha perikanan. Produk yang berhasil dipraktekkan adalah : bakso ikan, pilus ikan, kerupuk ikan, nugget ikan, abon ikan, ikan kayu, siomay ikan dan otak otak ikan.

Alamat

Jl. Geuce Menara VIII, Lr. Cempaka, No. 2. Banda Aceh, Indonesia
Kode Pos 23237

Kontak

  • Phone: (0651)40518
  • Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Support Kami

Kirimkan bantuan anda untuk melindungi daerah pesisir Aceh Melalui Bank BNI No. Rek: 0102415783 a.n: Aceh Ocean Coral (AOC)
© 2019 acehoceancoral.org All Rights Reserved