Pelatihan Rumpon Bagi Nelayan di Kabupaten Simeulue dan Aceh Singkil

Program Sustainable Sea Fisheries for Simeulue and Singkil juga melaksanakan kegiatan Pelatihan Rumpon. Pelatihan ini diberikan kepada nelayan yang juga mendapatkan bantuan Rumpon dan alat tangkap (jaring dan pancing) yang sebelumnya mereka diseleksi dengan syarat dan kriteria tertentu. Pelatihan Rumpon ini telah dilaksanakan di masing-masing desa penerima manfaat di Simeulue dan Singkil pada bulan Mei 2011 sampai Juni 2011.

Pelatihan yang diberikan mencakup pengertian dasar Rumpon, cara pembuatan Rumpon pengenalan langsung terhadap material Rumpon dengan alat peraga langsung, penentuan lokasi dan tata cara peletakan Rumpon di laut dan alat tangkap yang digunakan serta cara menangkap ikan di lokasi tersebut.

Rumpon atau Fish Aggregating Device (FAD) merupakan alat bantu penangkapan ikan yang diletakkan di laut, baik di perairan dangkal dan perairan dalam. Alat bantu penangkapan ikan jenis ini dimaksudkan untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul disekitarnya, sehingga para nelayan dapat dengan mudah menangkap ikan tanpa harus memburu. Pada program ini pemberian Rumpon dan alat tangkap serta pelatihannya dimaksudkan untuk dapat meningkatkan produksi tangkapan ikan para nelayan dan mengurangi biaya operasional nelayan sehingga pendapatan mereka dapat meningkat dan dengan produksi tangkapan mereka meningkat juga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Diharapkan setelah mendapatkan Pelatihan Rumpon ini, nelayan mengerti sepenuhnya tentang Rumpon dan mampu untuk membuat, merawatnya dan menangkap ikan pada lokasi tersebut. Dengan demikian, nelayan dapat menjalankan kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan teknologi dan sumber daya mereka meningkat.

Pelatihan ini dibagi dalam 2 kategori. Yang pertama adalah pelatihan untuk Pelatih dimana pesertanya tidak hanya kelompok nelayan yang telah dibentuk tetapi juga dari unsur desa, lembaga laut dan pemerintahan. Kelompok nelayan menyertakan ketua-ketua kelompok, unsur desa menyertakan perangkat desa seperti Kepala desa dan Sekretarisnya, lembaga laut menyertakan Panglima Laut setempat dan beberapa anggotanya serta pemerintahan menyertakan peserta dari staf Kecamatan dan Dinas terkait dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Singkil dan Simeulue. Pelatihan kedua adalah Pelatihan Rumpon yang diikuti seluruh nelayan yang menjadi penerima manfaat Rumpon dan alat tangkap (jaring dan pancing) pada Program ini serta masyarakat umum yang berminat dengan salah satu teknologi dalam perikanan tangkap ini.

Jumlah peserta dalam pelatihan ini adalah 748 peserta dari penerima manfaat dan 359 peserta dari masyarakat umum dan unsur unsur tersebut di atas Kabupaten Simuelue. Sementara untuk Kabupaten Aceh Singkil, 498 peserta dari penerima manfaat dan 203 peserta dari masyarakat umum dan unsur unsur tersebut diatas. Jumlah keseluruhan peserta pelatihan ini adalah 1808 orang peserta.

Pemateri pada pelatihan ini adalah Dr. Sulaiman Martasuganda, B.Fish.Sc, M.Sc, staf pengajar pada Departemen Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (PSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB).

Alamat

Jl. Geuce Menara VIII, Lr. Cempaka, No. 2. Banda Aceh, Indonesia
Kode Pos 23237

Kontak

  • Phone: (0651)40518
  • Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Support Kami

Kirimkan bantuan anda untuk melindungi daerah pesisir Aceh Melalui Bank BNI No. Rek: 0102415783 a.n: Aceh Ocean Coral (AOC)
© 2019 acehoceancoral.org All Rights Reserved