Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Busung Simeulue Telah Berhasil Memproduksi Benih Ikan Kerapu Macan

Provinsi Aceh memiliki dua Balai Pembenihan yaitu Balai Budidaya Air Payau (BBAP) di Ujong Batee Kabupaten Aceh Besar dan Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) yang berlokasi di Desa Busung Kabupaten Simeulue. BBIP Busung Simeulue merupakan salah satu BBIP yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia yang merupakan program pemerintah pusat yang mulai dibangun pada tahun 2004. Pengelolaan BBIP Busung di laksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh yang secara teknis dan administrasi bertanggung jawab langsung kepada Gubernur Aceh.

Sampai tahun 2010, BBIP Busung terus berbenah diri dalam semua hal untuk dapat memproduksi benih ikan. Beberapa sarana pendukung serta peningkatan kapasitas staf telah ditinggkatkan tidak hanya melalui program dari pemerintah tetapi juga melalui program BRR (ADB). Fasilitas serta sarana produksi perikanan untuk memproduksi benih ikan telah memadai. Beberapa staf BBIP Busung telah mengikuti pelatihan pembenihan ikan di beberapa balai benih seperti Balai Budidaya Air Payau Ujung Batee Aceh Besar diantarnya pelatihan pembiakan zooplankton sekala laboratorium dan sekala masal serta pelatihan lainnya. Studi banding juga dilakukan ke beberapa balai benih termasuk ke Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut Lampung baik didalam program rutin maupun program BRR (ADB).

BBIP Busung belum dapat memproduksi dan menghadapi beberapa kendala dalam memproduksi benih ikan (Kerapu Macan) sampai tahun 2010. Induk ikan bertelur dengan baik dan kemudian telur ditetaskan pada bak penetasan. Telur menetas dan larva hidup sampai hari ke 5, seterusnya ikan mati sedikit demi sedikit sampai seluruhnya mati pada hari ke 14. Kendala-kendala yang terjadi berhubungan dengan tidak sempurnanya bangunan dan peralatan yang tersedia termasuk kemampuan staf. Rotifer sebagai pakan larva tidak tersedia dengan cukup dan baik karena kendala pembiakan zooplankton sekala masal pada bak terbuka yang berpengaruh langsung terhadap air hujan dan udara bebas. Kendala tenaga listrik yang tidak hidup terus menerus menyebabkan pasokan oxygen dari jaringan airasi terhenti, walaupun BBIP memiliki generator set tetapi tidak memiliki biaya utuk mengoperasikannya sebagai alternatif cadangan tenaga listrik. Kemampuan staf juga terbatas dalam memelihara larva dan benur terlebih dalam penangganan cepat saat terjadi kondisi ekstrim.

Aceh Ocean Coral dalam Program Sustainable Sea Fisheries for Simeulue and Singkil telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk mendukung produksi benih ikan dalam hal ini jenis Kerapu Macan. Kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya Pelatihan lapangan langsung di BBIP Busung bekerjasama dengan pihak BBPL Lampung sebagai penyedia Modul dan Pemateri dimulai pada Desember 2010 sampai Agustus 2011. Konstruksi Atap Zooplankton untuk memenuhi kebutuhan pakan larva telah selesai pada Mei 2011. Pengadaan beberapa material yang diperlukan termasuk untuk kebutuhan laboraturium dalam melengkapi sarana produksi perikanan. Pelatihan lanjutan staf di BBPL Lampung untuk mendalami bidang masing-masing.

Bulan Mei 2011 BBIP Busung telah berhasil memproduksi benih ikan Kerapu Macan. Benih ikan telah mencapai 10 – 12 cm dan berjumlah sekitar 3500 ekor. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras seluruh staf BBIP Busung dan tentunya bimbingan langsung dari pelatih BBPL Lampung serta dukungan dari Lembaga Aceh Ocean Coral.

Bimbingan dari pelatih BBPL Lampung dilakukan secara menyeluruh. Penanganan induk, diantaranya pengendalian kolam, pemberian pakan dan perlakuan pada proses pemijahan. Persiapan bak larva, kualitas dan kuantitasi air serta kondisi ruangan. Persiapan dan produksi Rotifer melalui pembiakan zooplankton skala laboratorium dan masal untuk kebutuhan pakan larva. Pemeliharaan larva dan dilanjutkan dengan pendederan. Persiapan Sarana Produksi Perikanan (SAPROKAN). Diharapkan setelah mendapatkan bimbingan langsung dari pelatih, para staf BBIP Busung dapat melanjutkan produksi benih ikan laut. Keberhasilan ini dapat menjadi penambah semangat bagi BBIP Busung dalam menjalankan aktifitas produksi tidak hanya benih ikan Kerapu Macan tetapi jenih ikan laut yang ekonomis lainnya. Dengan berproduksinya benih ikan dari BBIP Busung ini dapat mendukung pengembangan usaha budidaya ikan kerapu yang dapat meningkatkan perekonomian nelayan Aceh umumnya dan nelayan Simeulue khususnya.

Alamat

Jl. Geuce Menara VIII, Lr. Cempaka, No. 2. Banda Aceh, Indonesia
Kode Pos 23237

Kontak

  • Phone: (0651)40518
  • Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Support Kami

Kirimkan bantuan anda untuk melindungi daerah pesisir Aceh Melalui Bank BNI No. Rek: 0102415783 a.n: Aceh Ocean Coral (AOC)
© 2019 acehoceancoral.org All Rights Reserved